Mengukur Ketebalan Cat Dengan Menggunakan Alat Coating Thickness Gauge

Sebelum mengenal Alat Coating Thickness Gauge pengukuran ketebalan Cat ini lebih jauh lagi kita definisikan apa arti cat itu. Cat adalah produk yang digunakan untuk melindungi dan memberikan warna pada suatu objek atau permukaan dengan melapisinya dengan lapisan berpigmen. Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek, antara lain untuk menghasilkan karya seni (olehpelukis untuk membuat lukisan), salutan industri (industrial coating), bantuan pengemudi (marka jalan), atau pengawet (untuk mencegahkorosi atau kerusakan oleh air).

Jadi kesimpulan dari pengertian cat adalah produk yang digunakan untuk memperindah suatu objek. Nah tetapi berapa lama sih cat itu mengalami penipisan ? cat mengalami penipisan itu tergantung dari produk cat yang digunakan semakin baik dan semakin mahal cat yang digunakan maka hasil dan jangka waktu nya akan lebih lama, tetapi bisa juga tidak menggunakan cat yang berharga mahal cat bisa bertahan lama dengan menggunakan metode bahan pencampuran yang tidak terlalu banyak yaa antara cat dan bahan campuranya 70% banding 30% jadi jumlah cat nya lebih banyak daripada jumlah bahan campuranya, ini akan menjadikan objek yang dicat menjadi lebih bagus dan lebih tahan lama lagi jangka waktunya.

Tetapi bagaimana cara untuk mengetahui kapan cat itu akan di perbarui ? dengan cara melihat secara langsung sebenarnya akan terlihat seberapa baik cat itu. Namun dengan cara melihat secara langsung belum tentu kita langsung menilai bahwa cat itu masih bagus atau tidak, dilihatnya masih bagus tapi ketebalan cat nya yang menipis akhirnya cat itu akan mengelupas dan membuat objek itu menjadi tidak bagus lagi. Dengan menggunakan alat Coating Thickness Gauge kita dapat mengukur ketebalan cat itu, jadi kita mengetahui seberapa bagus cat saat ini dan kapan kita harus menggantinya.

Coating Thickness Gauge ialah alat ukur ketebalan cat profesional yang praktis dan didesain untuk pengukuran lapisan non-destruktif, mampu melakukan pengukuran dengan cepat dan tepat dengan pengukuran ketebalan yang presisi. Fungsi dari Coating Thickness Gauge untuk mengetahui ketebalan (thickness) cat di permukaan suatu material atau benda yang dicat, untuk cat stoving standar sebagai dasar dalam melakukan pengujian ketebalan sebesar 35-55m.

Cara menggunakan alat ini juga sangat mudah yaitu sebagai berikut:
tempelkan Coating Thickness gauge pada benda yang di cat/material yang lain kemudian akan muncul ketebalan/angka pada display thickness gauge. Setelah Coating thickness gauge ditempelkan pada benda kerja, kemudian pada layar akan menampilkan data-data hasil pengukurannya. Tingkat ketelitian coating thickness gauge mencapai ± 0,1 mm.

Cara Kalibrasi Coating Thickness Gauge :
• Siapkan 1 unit Coating thickness gauge.
• Jauhkan dari bahan-bahan besi minimal 10 cm.
• Nyalakan Coating thickness gauge dengan menenkan tombol ON.
• Setelah itu masuk ke ‘menu’ – calibration, pilih enable.
• Lalu tekan tombol biru untuk kembali ke menu utama.
• Letakkan vertical probe alat di atas bahan tanpa coating.
• Kombinas angka x.x μm akan muncul pada layar.
• Angkat probe dan unit, jauhkan jarak dari besi minimal 10 cm.
• Tekan dan tahan tombol ZERO selama 2 detik.
• Angka 0.0 μm, “Cal1″, “ZeroY” akan mucul pada layar.
• Coating Thickness gauge sudah dapat dipakai.

Cara perawatan alat Coating Thickness Gauge ini cukup mudah dan tidak mahal yaitu:

• Untuk menghindari kebocoran pada baterai, keluarkan baterei dari alat, apabila tidak digunakan.

• Bersihkan alat dengan kain kering, jaga agar alat tetap kering jauhkan dari air jangan sampai basah, terutama pada bagian depan sensor pembaca.

• Simpan alat di tempat kering. Diusahakan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.

source:alatuji.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian
WhatsApp chat